Rabu, 03 April 2013

Cari Tahu Mendesain Kaos Sendiri

Tentu lebih menyenangkan membeli kaos yang sudah jadi di outlet-outlet favorit Kalian. Lebih cepat, dan tidak repot, Agan cukup memilih, mencoba ukuran, dan membayarnya di kasir. Tapi masalahnya, jika Anda adalah seorang yang bergerak di bisnis kreatif dan lebih senang jika segala sesuatunya benar-benar merefleksikan ekspresi hati Anda, maka Kalian mungkin akan kesulitan menemukan kaos yang pas di hati. Di sinilah opsi mendesain sendiri kaos Anda mulai menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan. Lagipula, mendesain kaos tidak sulit kok, Kalian hanya perlu mengikuti beberapa tahapan di bawah ini, dan mungkin saja dengan tuntunan langkah-langkah tersebut, Anda bukan hanya akan menciptakan sebuah desain yang unik, tapi juga berhasil menjual kaos hasil rancangan Kamu pada orang lain.
Desain Kaos Sendiri
  • Rencanakan design Kamu. Mulailah dengan menanyakan pada diri Kalian sendiri tujuan dari kaos ini. Apakah Kamu membuatnya untuk diri Kamu sendiri, atau untuk mengiklankan perusahaan Kalian, atau sebagai deklarasi terhadap suatu ‘pesan’ yang ingin Kalian sampaikan? Jika Kalian memiliki logo yang ingin Kalian cantumkan maka pastikan logo tersebut nampak jelas dalam gambar Kamu. Pikirkan juga gaya desain yang ingin Kalian tampilkan, apakah simple, lucu, minimalis, dramatis, komersial, artistik, atau sesuatu yang lain? Semu warna apa yang menurut Kamu sesuai dengan tema yang Kamu pilih? Selain itu pertimbangkan pula seberapa besar motif tersebut pada kaos Anda, apakah gambar Kalian akan tampak pada bagian depan kaos, atau juga di bagian belakangnya, dan sebagainya. Gambarkan rancangan Agan di kertas, sampai Kalian menemukan suatu bentukan yang pas.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan foto pada rancangan Kamu Menggunakan foto bisa menambah keindahan dan daya tarik gambar Kalian. Kamu jadi menggunakan foto seorang tokoh, selebriti, atau siapapun yang mewakili ide kaos ini. Namun hati-hati dengan hak cipta foto-foto tersebut, dan jangan menggunakan foto yang Anda peroleh dari internet tanpa seijin pemiliknya.
  • Ubah sketsa Kalian menjadi image digital Saatnya memasukkan sketsa Anda ke komputer dan mengolahnya dengan program-program digital seperti Adobe Photoshop atau Illustrator. Sempurnakan garis-garis sketsa Agan dengan berbagai tools di dalam program tersebut.
  • Perindah gambar Agan Bermainlah dengan filter, warna, terang dan kontras warna, saturasi, serta efek-efek komputer lain yang jadi Kalian temukan. Pastikan desain Agan menjadi lebih dinamis dengan tambahan efek-efek yang tepat.
  • Tambahkan teks Memang, Anda jadi menggunakan semua jenis font tapi pastikan font tersebut mudah dibaca, apalagi jika gambar Kamu cukup padat. Usahakan agar tulisan lebih menonjol daripada gambar, agar orang jadi lebih memahami maksud kaos yang Anda rancang.
  • Buatlah prototype Cara mudah untuk membuat prototype dari rancangan di komputer adalah dengan mencetaknya pada transfer paper dan memindahkan desain tersebut ke kaos.
  • Produksi kaos Kalian Jika Agan sudah merasa puas dengan motif yang Kalian buat, Kamu jadi langsung memproduksi kaos ini. Untuk skala kecil, Kalian dapat tetap menggunakan transfer paper untuk membuat kaos. Tapi untuk skala besar, sebaiknya Agan menyerahkan proyek penyablonan kaos tersebut kepada pihak yang profesional.

0 komentar:

Posting Komentar