Kamis, 14 Maret 2013

Menyablon Kaos Menggunakan DTG

hampir setiap orang lebih memilih membeli kaos di toko daripada membuat sablon kaos sendiri. Karena tak ingin terjebak dalam proses yang rumit dan menyita waktu. Tapi, bagi kamu yang kreatif, membeli kaos di toko-toko terkadang membuat nurani anda berteriak keras di dalam hati, kan? Ya, karena tidak semua desain kaos yang berjajar di toko cocok dengan selera anda, apalagi memenuhi ekspresi diri. Seringkali malah, kaos-kaos tersebut ‘meneriakkan’ hal-hal yang sama sekali berbeda dengan apa yang ada di dalam benak kita. Belum lagi gaya desainnya yang tak sepaham dengan kalian. kamu penikmat desain yang anggun dan indah, sementara kehampir setiapan desain kaos yang beredar saat ini bergaya ‘grunge’ dan ‘dark’, dengan rangkaian gambar-gambar bernuansa seram yang kini digandrungi anak muda.
Lalu kalian pun mulai beralih dari satu toko ke toko yang lain, berusaha mencari kaos dengan desain yang sedikit lebih mewakili ekspresi jati diri kamu. Tapi semain agan berjalan menyusuri setiap toko, semakin agan tidak menemukannya, semakin jauh kamu berjalan, langkah anda semakin terasa berat dan melelahkan. Akhirnya, kalian pulang dengan tangan kosong, tanpa membawa sehelai kaos pun di tas belanja kamu. Tapi apakah harus berakhir seperti itu perjalanan kalian mencari kaos yang benar-benar merepresentasi gaya anda? Tentu tidak, karena ada solusi yang cukup sederhana dan mudah yang bisa menyelamatkan kamu dari krisis ini, desain dan sablon saja kaos favorit kalian sendiri!
Tapi bukankah menyablon kaos adalah proses yang cukup rumit? Ya, tentu saja, jika anda menggunharus sistem sablon kaos manual yang memang harus dioperasikan oleh seorang ahli. Namun di era teknologi yang semakin maju ini, menyablon kaos kini bisa dilakukan dengan digital printing, yang bahkan orang awam dengan sedikit waktu belajar akan dapat melakukannya dengan baik. Sebenarnya ini memang bukan sepenuhnya sablon, tetapi digital printing. kalian hanya membutuhkan beberapa alat dan bahan yang mudah ditemukan di toko-toko komputer, sebagai berikut:
  1. Printer yang telah terjadi dimodifikasi menjadi sistem tabung, Tabung ini nantinya diisi dengan tinta khusus sablon (tinta sublim)
  2. Mesin press panas
  3. Inkjet Paper atau Transfer paper, di mana desain agan segera dicetak di kertas ini sebelum dipindahkan ke kaos.
  4. Tinta sublim.
Lalu, ini tahap-tahap menyablon dengan digital printing:
  1. Pilih desain yang akan disablon.
  2. Balikkan gambar tersebut (mirroring). Proses ini bisa dilakukan dengan menggunharus program-program seperti Photoshop. Sehingga tulisan pada desain tersebut menjadi terbalik.
  3. Cetak ke Inkjet Paper untuk kaos berwarna terang, dan ke Transfer Paper untuk kaos berwarna gelap.
  4. Letakkan Inkjet Paper atau juga Transfer Paper itu ke atas kaos, dengan hasil cetharus menghadap kaos. Lalu press dengan mesin press selama 30-60 detik, tergantung dari daya panas mesin press tersebut.
  5. Angkat Inkjet Paper atau juga Transfer Paper.
  6. Proses selesai! anda menbisakan sebuah kaos rancangan anda sendiri!

0 komentar:

Posting Komentar