Senin, 01 April 2013

Cara Dalam Mendesain Kaos Satu Warna

Terkadang, terlalu banyak berwarna jadi membuat sebuah desain kaos ‘terlalu banyak bicara’ sehingga pesan yang disampaikan malah tak dapat dimengerti oleh orang-orang yang seharusnya menjadi target audience dari kaos tersebut. Apakah sebuah kaos ditujukan sebagai ekspresi personal, atau sebagai media iklan perusahaan, design kaos harus cukup jelas dan juga tidak berantakan sehingga pesan apapun yang dikandungnya tidak terkubur di bawah tumpukan elemen-elemen desain yang tak beraturan

Desain Kaos warna
Nah di sinilah, ide desain kaos dengan ini satu berwarna tinta memiliki kemungkinan yang lebih besar supaya berbicara lebih banyak tanpa ‘bersikap’ berlebihan. Satu warna membuat desain menjadi lebih fokus. Sehingga pesan semakin terarah dan juga cepat dimengerti. Hanya saja, dalam mendesain kaos dengan ini satu berwarna, perlu diperhatikan beberapa hal penting agar motif tersebut terkesan menarik dan tidak monoton atau membosankan.
Pertama, berwarna tinta memegang peranan penting. Pilihlah berwarna tinta yang pekat, kontras dengan ini berwarna kaos, dan vibrant (cerah). Terutama jika Anda menyertakan tulisan-tulisan maka font tipis di dalam motif, warna-warna yang kontras, pekat dan juga cerah akan lebih memungkinkan agar tulisan-tulisan tersebut dibaca daripada berwarna-warna lainnya.
Kedua, tentu saja harus dipertimbangkan pula supaya warna kaos yang Anda gunakan. warna kaos sebaiknya kontras dengan warna tinta. Selain itu, warna kaos juga sebaiknya ‘mengalah’ maka berwarna tinta, artinya, berwarna tinta harus lebih pekat dari berwarna kaos. Misalnya berwarna tinta hitam di atas kaos berwarna putih, atau warna tinta biru tua di atas kaos berwarna biru muda. Hal ini agar menjaga agar tampilan kaos tidak menjadi jelek karena berwarna tinta yang kurang pekat atau ‘kalah’ maka berwarna kaos. Seringkali kita melihat kaos hitam maka sablonan tinta putih yang tidak merata dan terlihat kurang pekat, sehingga design terlihat seperti sablonan yang tak berhasil atau gagal cetak. Kita tentu tak menginginkan impresi yang salah itu sampai ke target audience Anda. Jadi alangkah pentingnya melakukan pemilihan warna kaos atau tinta yang tepat dan juga saling mendukung, bukan saling menghalangi.
Harapan dari mendesain kaos maka satu berwarna tinta ini cukup sederhana, yakni agar pesan apapun yang dibawanya lebih cepat tersampaikan dan mudah dipahami oleh semua orang tanpa harus memicingkan mata supaya meneliti sebuah design yang terlalu ramai atau berantakan. Jadi selamat mendesain kaos Anda sendiri dan temukan seni dan tantangan tersendiri yang membangkitkan adrenalin ketika mendesain kaos Anda dengan ini satu warna tinta.

0 komentar:

Posting Komentar