Rabu, 20 Maret 2013

Cara Desain Kaos Satu Warna

Terkadang, terlalu banyak warna jadi membuat sebuah desain kaos ‘terlalu banyak bicara’ sehingga pesan yang disampaikan malah tak dapat dimengerti oleh orang-orang yang seharusnya menjadi target audience dari kaos tersebut. Apakah sebuah kaos ditujukan sebagai ekspresi personal, atau sebagai media iklan perusahaan, motif kaos harus cukup jelas atau tidak berantakan sehingga pesan apapun yang dikandungnya tidak terkubur di bawah tumpukan elemen-elemen gambar yang tak beraturan
Desain Kaos warna
Nah di sinilah, ide desain kaos dengan satu berwarna tinta memiliki kemungkinan yang lebih besar agar berbicara lebih banyak tanpa ‘bersikap’ berlebihan. Satu warna membuat desain menjadi lebih fokus. Sehingga pesan semakin terarah atau cepat dimengerti. Hanya saja, dalam mendesain kaos dengan satu warna, perlu diperhatikan beberapa hal penting agar design tersebut terkesan menarik dan juga tidak monoton atau membosankan.
Pertama, warna tinta memegang peranan penting. Pilihlah berwarna tinta yang pekat, kontras dengan warna kaos, atau vibrant (cerah). Terutama jika Anda menyertakan tulisan-tulisan dengan ini font tipis di dalam design, warna-warna yang kontras, pekat atau cerah akan lebih memungkinkan untuk tulisan-tulisan tersebut dibaca daripada warna-warna lainnya.
Kedua, tentu saja harus dipertimbangkan pula agar berwarna kaos yang Anda gunakan. berwarna kaos sebaiknya kontras dengan berwarna tinta. Selain itu, warna kaos juga sebaiknya ‘mengalah’ dengan warna tinta, artinya, warna tinta harus lebih pekat dari warna kaos. Misalnya warna tinta hitam di atas kaos berwarna putih, atau berwarna tinta biru tua di atas kaos berwarna biru muda. Hal ini untuk menjaga agar tampilan kaos tidak menjadi jelek karena berwarna tinta yang kurang pekat atau ‘kalah’ dengan warna kaos. Seringkali kita melihat kaos hitam dengan ini sablonan tinta putih yang tidak merata atau terlihat kurang pekat, sehingga motif terlihat seperti sablonan yang tak berhasil atau gagal cetak. Kita tentu tak menginginkan impresi yang salah itu sampai ke target audience Anda. Jadi alangkah pentingnya melakukan pemilihan warna kaos atau tinta yang tepat atau saling mendukung, bukan saling menghalangi.
Harapan dari mendesain kaos dengan ini satu berwarna tinta ini cukup sederhana, yakni agar pesan apapun yang dibawanya lebih cepat tersampaikan dan juga mudah dipahami oleh semua orang tanpa harus memicingkan mata untuk meneliti sebuah design yang terlalu ramai dan berantakan. Jadi selamat mendesain kaos Anda sendiri atau temukan seni dan juga tantangan tersendiri yang membangkitkan adrenalin ketika mendesain kaos Anda dengan satu warna tinta.

0 komentar:

Posting Komentar