Jumat, 08 Maret 2013

Jenis Dari Rajutan Kaos Polos

Tak banyak dari kita yang mengetahui bahwa kaos polos ternyata bisa terbuat dari beberapa jenis model rajutan. Dan sebenarnya sebenarnya, bagi kebanyakan orang, pengetahuan tentang jenis-jenis rajutan kaos polos tak begitu menarik perhatian. Namun untuk Kalian yang mulai bergelut di bidang sablon dan bordir kaos atau jenis usaha lain yang berhubungan, memahami jenis rajutan kaos dapat menjadi pengetahuan yang berguna di kemudian hari. Karena jenis rajutan kaos tentu akan menentukan sifat kaos ketika dikenakan, serta berkaitan dengan tujuan penggunaan kaos tersebut nantinya. Ada beberapa jenis rajutan kaos polos yang perlu Agan ketahui. Yuk kita pelajari sama-sama setiap rajutan dan kegunaannya.
Kaos Polos Murah
  1. Single Knit Contoh paling umum kaos yang menggunakan rajutan single knit ialah kaos jenis Cotton Combed. Biasanya ditulis Cotton Combed 20s, 24s, 30s, 40s, dengan huruf S berarti single knit. Secara teknis, single knit berarti rajutan jarum single. Sehingga penggunaan bahan kaos doang untuk satu permukaan pun, tak bisa digunakan secara bolak balik atau dua permukaan. Jenis rajutannya rapat, bahan padat, dan tidak terlalu lentur. Permukaan kaos halus dan tidak berpola (pattern). Sebagian besar kaos polos umumnya menggunakan jenis rajutan single knit. Jenis kaos dengan rajutan ini memiliki sifat rapi dan nyaman, mudah menyerap keringat, kuat dan tahan lama.
  2. Double Knit Contoh kaos yang memakai rajutan double knit ialah kaos Cotton Combed 20d, 24d, 30d, 40d, dengan huruf d berarti double knit. Sebutan lain untuk rajutan ini adalah interlock. Secara teknis, double knit berarti rajutan jarum double, sehingga keuntungannya, bahan kaos dapat digunakan bolak-balik, atau dua permukaan. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal, lembut, dan lebih lentur. Produk kaos yang biasa memakai rajutan double knit yakni pakaian bayi dan anak-anak.
  3. Pique atau Lacoste Pique atau Lacoste merupakan rajutan dengan tekstur atau motif. Penggunaannya pun hanya satu permukaan, tidak bolak balik. Jenis rajutan ini bisa bertekstur bulat, kotak, atau menyerupai segitiga kecil-kecil. Kalian pasti sudah mulai menebak kaos apa yang memiliki model rajutan Pique atau Lacoste. Benar sekali, rajutan ini paling sering digunakan pada kaos polo shirt atau kaos berkerah. Meski tak terlalu mahir menyerap keringat, kaos berkerah dengan rajutan ini memberikan kesan penampilan yang lebih ‘eksklusif’ bagi pemakainya. Sehingga kaos polo shirt banyak digunakan untuk acara-acara kantor, olahraga golf, dan lain-lain.
  4. triper atau Yarn Dye Secara teknis, striper atau yarn dye yakni jenis rajutan kombinasi benang warna (Yarn Dye). Penggunaannya hanya satu permukaan pun. Jenis rajutannya bisa single knit atau double knit. Penggunaan model rajutan kombinasi ini biasanya pada kaos orang dewasa.
  5. Drop Needle Drop Needle adalah rajutan dengan variasi cabut jarum. Kaos polos dengan rajutan ini dapat digunakan bolak balik (dua permukaan). Jenis rajutannya bertekstur garis lurus vertikal, sehingga terasa lembut, dan lentur. Kaos singlet adalah salah satu contoh kaos yang menggunakan tipe rajutan Drop Needle.

0 komentar:

Posting Komentar